Bedain Dokter dengan Guru


Dokter Guru

Pertengahan tahun lalu saat ujian akhir semester genap, matakuliah Isu Pendidikan Islam, ada soal ujian yang pertanyaannya terkait tantangan pendidikan Islam menghadapi globalisasi.

Pada soal tersebut tepatnya nomor terakhir, ditanyakan Apa beda dokter dengan guru?

Diakhir pertemuan matakuliah ini, dosen bersangkutan Dr Hamzah, sudah menjelaskan beda guru dengan dokter. Kalau dipikir segi profesi sangat jelas dimana letak perebedaannya. Anak kecil pun pasti tahu.

Mari lihat mana bedanya.

Dokter itu tempat kerjanaya di rumah sakit, Puskesmas, klinik atau pusat pelayanan kesehatan lainnya. Kerjanya mengobati, melayani konsultasi kesehatan pasien, menyuntik dan yang lainnya. Pakaiannya cendrung seragam, putih, orangnya terlihat bersih rapi.

Bagaimana dengan guru? Benar adanya bahwa guru itu yang digugu dan ditiru. Setiap hari guru ke sekolah untuk mengajari murid-muridnya. Menyuntikan pemahaman (pelajaran) pada murid demi masa depan bangsa. Mengajarkan mana yang baik dan buruk. Melayani konsultasi siswa dan sebagainya.

Namun yang perlu diketahui perbedaan antara dokter dengan guru adalah ketika dokter salah memberikan obat bagi seorang pasien, maka yang jadi korban cukup seorang saja, belum tentu ada korban lain yang terus menerus.

Akantetapi bagaimana dengan guru, sekali memberikan obat (baca: pelajaran, pemahaman) yang salah kepada pasiennya (baca: murid) akan banyak korban. Bagaimana tidak? Jika pelajaran atau pemahaman yang disampaikannya kepada seluruh murid  salah, maka yang jadi korban adalah seluruhnya.

Bukan hanya sampai di situ, jika pelajaran yang salah itu masih dipertahankan para murid hingga kelak dewasa, dan mereka jadi guru lagi, boleh jadi pelajaran itu lagi yang akan disampaikan pada muridnya kelak, begitu seterusnya. Semoga para guru bisa memberikan obat yang baik bagi pasiennya. Wallahu’a’lam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s