Menguji Komitmen Kepenulisan


Gambar dari Facebook © Rahmi Carolina

Gambar dari Facebook © Rahmi Carolina

Biodata Buku

Judul               :  24 Jam  –Dont Cross–Deadline–

Penulis           : Zainul Ikhwan, dkk

Penerbit        : AKLaMASI Publisher, Pekanbaru

Terbit             : Pertama, September 2013

Tebal              : vi + 75 halaman

BUKU 24 JAM ibarat sepiring gado-gado. Ia dihidangkan dari kumpulan tulisan. Tak ada satu sayur pun yang dominan. Tiap tulisan punya khas sendiri. Mungkin ini yang membuat buku ini enak dibaca. Seperti makan gado-gado, ada bagian yang disuka ada pula yang tidak disukai. Maka dalam buku ini isinya macam-macam. Siap-siap jika saat membacanya tersedak gara-gara kurang minum, atau kepedasan, bisa jadi malah manis.

Dilihat dari prosesnya buku ini lahir, salah satunya untuk menguji komitmen, tidak melanggar deadline yang disepakati bersama. Macam kerja wartawan yang dikejar-kejar deadline tiap harinya. Dalam waktu 24 jam, semua naskah harus selesai dan terkumpul di meja penerbit. Itulah yang melatar belakangi judul buku.

Meminjam judul bukunya Muslim Rusli—tokoh pers Riau, maka buku ini bermaksud menerobos mitos, hendak mengatakan pada pembaca bahwa menulis buku itu mudah dan cepat, asalkan ada komitmen penulis untuk menyelesaikannya, tanpa menunda dan mengulur waktu.

Dari 12 naskah yang ditulis—sama dengan jumlah penulisnya, penyajiannya pun bermacam-macam. Ada yang menulis dengan sedikit bahasa ilmiah, tapi rata-rata ditulis dengan gaya bahasa sendiri, biar pas di mulut dan sampai ke hati.

Pada bagian pertama, dituliskan bagaimana proses buku ini hendak dibuat, sehingga pembaca dapat memahami kenapa buku ini perlu dibaca. Sebab, terbitnya buku ini bukan hanya sekadar mengajak membaca, tapi malah sebaliknya, mengajak menulis.

Buku Ini hanyalah karya motivasi bagi para penulis maupun bagi pembaca. Agar tidak tunduk pada keterbatasan. Akan tetapi menulis dan berkarya untuk menerobos batas dan melawan teori kelaziman. “ATAS NAMA KOMITMEN, BERANI LETIH!” jadi slogan dalam buku ini. Selamat membaca.***

Terbit di Rubrik Buku Harian Riau Pos Edisi Ahad, 8 Desember 2013

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s