Andai Kamu Sampah


Jika kamu sampah, maka jadilah sampah yang bisa dipungut pemulung

Sampah adalah barang kotor, bekas, tidak guna, produk sisa, buangan,  dan jika dilihat dengan biasa saja, maka ia tak dapat dipakai dan tidak ada nilai. Siapapun akan menghasilkan sampah dalam kehidupan hariannya. namun, di antara sampah-sampah yang dihasilkan setiap hari, pasti masih ada yang bernilai, masih bisa digunakan, dimanfaatkan atau sekedar di daur ulang untuk memproduksi barang yang lain.

Sisi lain yang perlu dilihat dan dipahami adalah “sampah masyarakat”. Ya, jika dihadapkan dengan sampah masyarakat, itu berarti tidak berguna bagi masyarakat sekitarnya, malah membuat kotor, aromanya menggangu lingkungan dan tidak lebih berguna dari sampah yang berserakan. Keberadaannya malah meresahkan orang-orang di sekitarnya.

Saya menulis satu ungkapan, “Jika kamu sampah, maka jadilah sampah yang bisa dipungut pemulung”. Kenapa demikian? Lihat, pemulung pasti dan sudah tau mana barang bekas atau sampah yang masih layak pakai, mana yang bisa didaur ulang, mana yang bisa dimanfaatkan di rumahnya sendiri.

Maka jika sudah dianggap sebagai “sampah”, berusahalah jadi “sampah” yang masih bisa digunakan orang di luar orang yang menganggap kamu “sampah”. Inilah bentuk mengubah orang yang sudah terlanjur dianggap “sampah”, atau orang tidak bermanfaat dan berguna bagi sekitarnya. Wallahu’a’lamubisshawab.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s