Tak Sesulit yang Anda Bayangkan


BukuNASUTJudul : 10 HARI AJA!!! Langsung Sakti Berbahasa Inggris

Penulis : Panca Prastowo

Penerbit : DIVA Press, Jogjakarta

Cetakan : IV, Maret 2013

Tebal : 246 Halaman

Ada saja orang yang menganggap berbahasa Inggris itu sulit dan rumit. Bagaimana tidak, bahasa Inggris ada yang bilang bahasa “munafik” atau bahasa yang tak konsisten. Lain tulisannya lain pula bacanya contoh, one dibaca wan yang artinya satu. Belum lagi aturan tata bahasanya yang bikin kepala sampai pusing.

Tapi perlu diketahui, jika persepsi seseorang mengatakan sesuatu itu susah, sulit dan rumit, itulah yang membuat dirinya takut dan tak berani terjun ke dalamnya, termasuk mempelajari dan mendalami bahasa Inggris sampai paham dan bisa. English is easy, not difficult (Bahasa Inggris itu mudah, tidak sulit). Sebab bahasa Inggris itu juga sama seperti bahasa Indonesia. Maka yang pertama dan hal  terpenting  adalah tanamkan dalam jiwa masing-masing bahwa bahasa Inggris mudah, tidak sulit.

Bisa tidaknya seseorang berbahasa Inggris, jelas itu ditentukan dari usaha yang ia lakukan. Apalagi bahasa Inggris itu bukan bahasa ibu atau bahasa resmi di negara ini. Sekalipun seseorang sudah kuliah di jurusan bahasa Inggris, tapi kalau usaha yang ia lakukan nol, ya hasilnya juga nol. Lantas bagaimanakah biar berhasil dan bisa berbahasa Inggris?

Setidaknya di awal buku ini pembaca disuguhkan beberapa tips biar mudah dan berhasil belajar dan bisa berbahasa Inggris. Pertama, belajar bahasa Inggris dengan membuat catatan harian. Jika anda suka menulis di buku diari, sesekali buatlah tulisan atau curhatan di dalamnya dengan bahasa Inggris. Jika pun tak biasa dengan catatan harian, untuk membudayakan menulis, jelas ini lebih bagus dimulai, menulis keseharian Anda. Kedua, berdoa dalam bahasa Inggris. Kalau tak bisa berdoa dengan bahasa Arab, kenapa tidak dengan bahasa Inggris. Kan Allah juga yang menciptakan bahasa Inggris itu, pastilah Dia mengerti. Hitung-hitung melatih diri ngomong dengan bahasa Inggris.

Ketiga, menyimak. Siapapun mungkin pasti pernah menonton film berbahasa Inggris, jadi kalau mau nonton film luar yang berbahasa Inggris misalnya, pilih yang ada subtitle Indonesianya biar memudahkan menyimak dan mempelajari bahasa Inggrisnya. Catat kosa kata yang ada dalam dialognya, sekalian lihat bagaimana mereka mengucapkannya. Ini tentu mempermudah belajar biacara dan menambah kosa kata.

Kemudian tips lainnya adalah latihan, latihan dan latihan. Kenapa sampai diulang tiga kali? Sebab jika tak ada latihan sama saja masuk telinga kanan, keluar telinga kiri. Berapapun tips yang diberikan biar pandai berbahasa Inggris, tak bakalan bisa-bisa kalau tak ada latihannya. Bukankah banyak orang yang bilang, “Tak butuh banyak teori tapi peraktek yang peling penting!” Itu dia, kalau tak ada perakteknya tak akan berhasil. Satu teori harus diimbangi dengan beberapa peraktek.

Mulailah latihan yang sederhana, berbicara dengan bahasa Inggris pada kawan-kawan, walaupun bahasa masih campur Inggris Indonesia. Atau menulis dengan bahasa Inggris. Sering mendengarkan siaran atau menonton film berbahasa Inggris. Baca jugalah buku-buku yang berbahasa Inggris. Dan kalau sudah menantang, silahkan cari bule dan ajak mereka bincang-bincang.

Selain tips di atas, buku ini mengajarkan dalam sepuluh hari itu bisa berbahasa Inggris sesuai dengan judulnya. Dalam sepuluh hari itu, dibagi sepuluh poin penting yang ada dalam bahasa Inggris seperti grammar (tata bahasa dasar), verbs (kata kerja), sentence elements (elemen kalimat), types of sentences (tipe kalimat), adverb (kata keterangan), adjective (kata sifat), tenses (waktu dalam kalimat), kalimat tanya, dan preposition (kelompok kata).

Penjelasan dalam buku  ini sangat mudah dipahami pembaca dan mudah dicoba atau dipraktekkan, karena  setiap selesai pembahasan ianya sudah dilengkapi contoh juga latihan. Buku ini cocok dan sangat praktis buat Anda yang baru belajar bahasa Inggris, atau Anda yang sudah lama-lama pergi pulang tempat lest atau kursus bahasa Inggris tapi belum berhasil juga. Selamat membaca dan mencoba, semoga berhasil.***

Terbit di Rubrik Buku Riau Pos, Ahad, 25 Agustus 2013

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s