Silabus Sekolah Jurnalistik Angkatan I


AKLaMASI institut

Sekolah Jurnalistik

AKLaMASI institut–LPM AKLaMASI UIR Pekanbaru, November 2012-Januari 2013

Sekolah jurnalistik angkatan pertama ini (November 2012-Januari 2013) dirancang untuk orang yang ingin bisa menulis. Khususnya jurnalistik. Ini juga dimaksudkan bagi mereka yang ingin bisa menulis essai atau artikel.

Sekolah diadakan 12 sesi dengan frekuensi mingguan, cukup satu hari (pagi hari pukul 08.30-12.00). cara mingguan ini sengaja dibuat agar peserta punya waktu untuk  mengedepankan materi belajar, mengerjakan tugas rumah dan membaca. Jumlah peserta cukup 25 orang agar ada waktu diskusi. Sekolah ini ditekankan pada banyak latihan.

Tugas akhir peserta berupa penulisan sekitar 3000 kata. Ini dilakukan setelah peserta diajarkan melakukan riset, liputan, wawancara, dan menulis. Jumlah kata hanya sekedar pegangan saja. Ia bisa lebih pendek atau lebih panjang lagi.  Peserta akan memmbaca dan membicarakan karya (tulisan) Andreas Harsono, Chik Rini, Alfian Hamzah maupun Jhon Hersey

Tempat

Kampus Universitas Islam Riau.

WAKTU

Setiap hari Minggu pukul 08.30 – 12.00.

INSTRUKTUR

Dodi Sarjana — Pemimpin Redaksi di Harian Tribun Pekanbaru.

Supriyadi — Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UIR. Ikut memperjuangkan AKLaMASI.

Made Ali — Editor Majalah Seribu Akar. Ia pernah ikut pelatihan Jurnalistik Lingkungan di Australia. Pernah jadi Pemimpin Umum di Surat Kabar Kampus Bahana Mahasiswa.

Luzi Diamanda — Pemimpin Redaksi Berita Terkini. Pernah jadi Kontributor majalah Pantau untuk Sumbar.

Abdul Azis — Pemimpin Redaksi katakabar.com. Pernah jadi Kontributor majalah Gatra.

Jupernalis Samosir — Pernah jadi Pemimpin Redaksi Berita Terkini. Juga Konributor Majalah Tempo untuk Riau.

Desi Sommalia Gustina — Pemimpin Redaksi AKLaMASI 2008. Ia aktif menulis opini, esai, resensi, cerpen dan puisi dan muat di media harian di Riau juga Sumbar.

Eko Faizin — Layouter Harian Riau Pos. Ia juga Kartunis Riau, aktif di Sindikat Kartunis Riau (Sikari).

Hermawan Hariadi — Aktif di Persatuan Pewarta Indonesia (PPWI). Videografer. Mengelola situs siakvideo.com.

Melvinas Priananda — Fotografer Harian Tribun, Karya Fotonya sudah tayang di National Geografic. Ia punya metode EDFAT dalam menghasilkan karya foto yang menarik.

Furqon LW — Wakil Pemimpin Redaksi Pekanbaru Pos. Kartunis untuk Riau Pos. Ia juga Ketua Sindikat Kartunis Riau (Sikari).

CONTACT PERSON Abdul H Nasution (0812-6733xxxx)

SILABUS

Sebelum memasuki hari pertama, sebaiknya Anda sudah membaca resensi buku “sembilan elemen jurnalisme” oleh Andreas Harsono (kalau tertarik baca bukunya the element of jurnalisme) karya Bill Kovach dan Tom Rosentiel juga buku A9ama Saya Adalah Jurnalisme karya Andreas Harsono.  Ada juga buku Seandainya Saya Wartawan Tempo.

Minggu (11 November 2012) Pukul 09.00

Pembukaan dan Perkenalan Acara, pembicaraan silabus dan diskusi pembuka. Peserta memperkenalkan diri, menjelaskan apa target yang ingin dicapai. Direktur menjelaskan aturan selama sekolah berlangsung.

SESI PERTAMA – Dasar-Dasar Ilmu Jurnalistik (Nolpitos Hendri)

Jurnalistik satu pilar dalam menegakkan demokrasi. Peserta memahami sejarah jurnalistik dan perkembangannya. Juga memahami bagaimana kerja jurnalistik dan apa yang dihasilkan jurnalistik. Dan Kenapa harus ada jurnalistik serta apa tujuan jurnalistik. (Metode Belajar; ceramah dan diskusi)

MINGGU (18 November 2012)

SESI KEDUA – Bahasa Jurnalistik  (Supriyadi)

Bahasa jurnalistik memakai bahasa yang efektif dan tidak berbelit. Bahasanya mudah dipahami. Tentunya bahasa karya ilmiah dengan bahasa jurnalistik beda. Ini harus dipahami. Efisiensi bahasa dalam penulisan karya jurnalistik sangat penting. Ini terkait dengan space di media yang terbatas dan pemahaman pembaca. Bahasa jurnalistik punya ciri tersendiri. Berapa kata yang efektif dalam satu kalimat harus diketahui dan dipahami. (Metode Belajar; ceramah, diskusi, dan jika perlu peraktek atau latihan)

MINGGU (25 November 2012)

SESI KETIGA – Kode Etik Jurnalistik dan 9 Elemen Jurnalisme  (Dodi Sarjana)

Setiap profesi punya kode etik. Jurnalis dalam menjalankan tugasnya harus tau dan patuh dengan kode etik. Begitu juga dengan elemen-elemen jurnalisme. Kerja-kerja jurnalisme yang benar dapat diketahui jika seorang jurnalis patuh dan melaksankan aturan aturan ini. Kenapa jurnalisme harus berpatok pada kebenaran? Bagaimana membedakan fakta dan non-fakta? Mengapa wartawan harus melakukan verifikasi? Bagaimana pentingnya by line dalam tulisan? Serta apa fungsi firewall dalam media?

Bacaan: Buku Sembilan Elemen Jurnalisme karya Bill Kovach dan Tom Rosenstiel; serta ”Sembilan Elemen Jurnalisme” dalam buku A9ama Saya Adalah Jurnalisme oleh Andreas Harsono.

MINGGU (2 Desember 2012)

 

SESI KEEMPAT – Riset dan Bikin TOR (Made Ali)

Riset diperlukan dalam mempersiapkan sebuah tulisan. Ini perlu agar penulis tau apa yang sudah dikerjakan orang. Jangan menulis sesuatu, padahal itu sudah ditulis wartawan lain. Riset memerlukan banyak buku atau referensi dan menghabiskan banyak waktu. Menulis panjang perlu waktu yang banyak. Sebaliknya, menulis pendek tak perlu waktu panjang. Tapi, setiap mau menulis sangat diperlukan riset. (Metode belajar: ceramah, diskusi dan latihan)

Bacaan: Naskah Bagaimana Mempersiapkan Suatu Naskah oleh Andreas Harsono (www.andreasharsono.net atau buku  A9ama Saya Adalah Jurnalisme)

MINGGU (9 Desember 2012)

SESI KELIMA – Wawancara (Luzi Diamanda)

Wawancara bagian penting dari reportase. Reportase juga bagian penting dari jurnalisme. Wawancara yang baik akan menghasilkan banyak informasi. Wawancara yang buruk akan menghasilkan banyak bantahan. Narasumber yang menerima pertanyaan-pertanyaan buruk akan meninggalkan si wartawan, tak menanggapi isi wawancara. Wartawan harus tau berapa kata yang ideal dalam sebuah pertanyaan. Wartawan yang terlatih akan pandai dan biasa memberikan pertanyaan terbuka, bukan tertutup. (Metode belajar: ceramah, diskusi dan latihan).

Bacaan: Ten Tips for Better Interview (www.ijnet.org), Bagaimana Mempersiapkan Suatu Naskah juga naskah Wawancara, Wartawan, dan Ratu Kecantikan  oleh Andreas Harsono (www.andreasharsono.net atau buku A9ama Saya Adalah Jurnalisme)

MINGGU (16 Desember 2012)

SESI KEENAM –  Menulis Berita Piramida Terbalik (Abdul Aziz)

Bagaimana bikin naskah hard news atau straigh news? Naskah ini cukup menyediakan waktu satu jam sampai dua jam-an. Bikin tulisan ini ibarat membangun rumah bambu, sehari selesai. Reporter sudah biasa menulis di Blackberry untuk media harian atau online lima menit kemudian terbit. Ditulis dengan gampang, pakai rumus 5W+1H atau seperti yang dibikin detickom cukup 3W (What Happen, When and Where). (Metode belajar: Ceramah, diskusi dan latihan).

Tugas rumah: Bikinlah sebuah tulisan bentuk Piramida terbalik (hard news atau straigh news) kumpulkan pada pertemuan berikutnya, biar dibahas dengan peserta. Tugas ini wajib.

MINGGU (23 Desember 2012)

SESI KETUJUH – Menulis Berita Feature (Jupernalis Samosir)

Bawalah koran harian dan majalah. Bedakan penulisan dalam dua media itu. Tulisan Feature itu hanya 1000-3000 kata.  Menulis feature ibarat bikin slide show foto kejadian, foto bercerita slide demi slide. Karya feature, menulis dengan bercerita. Isinya bisa konyol atau sedih. Tulisannya hidup terkadang sentuhannya dengan subjektif.  Unsurnya juga masih 5W+1H. (Metode belajar: Ceramah, diskusi dan latihan)

Tugas rumah: Bikinlah sebuah tulisan bentuk Feature (profil, human intrest atau kategori lainnya) kumpulkan pada pertemuan berikutnya, biar dibahas dengan peserta. Tugas ini wajib.

MINGGU (30 Desember 2012)

SESI KEDELAPAN –Menulis Artikel, Opini dan Essai (Desi Sommalia Gustina)

Artikel, opini dan essai beda. Artikel disajikan lebih bersifat ilmiah. Dalam tulisan artikel memasukkan data dan teori. Opini berisi ulasan, gagasan dan kritikan. Sementara dalam Essai lebih subjektif dibandingkan artikel dan opini. Karena essai itu disominasi pada sudut pandang penulis. (Metode belajar: Ceramah, diskusi dan latihan).

Tugas rumah: Bikinlah sebuah tulisan bentuk Artikel, opini, atau essai, pilih salah satunya. kumpulkan pada pertemuan berikutnya, biar dibahas dengan peserta. Tugas ini wajib.

MINGGU (6 Januari 2013)

SESI KESEMBILAN – Photografi (Melvinas Priananda)

Foto juga bisa jadi karya jurnalistik. Foto jurnalistik biasanya juga berunsur 5w+1H. Foto jurnalistik juga butuh kualitas dan bermutu Bagaimana memotret yang bagus? Macam apa kualitas foto jurnalistik? Apa metodenya? Bagaimana memilih objek foto yang tepat? Peserta akan diberikan pemahaman tentang teknik fotografi. Dan boleh dipraktekkan langsung. Bawalah kamera apapun jenisnya, Camera Digital, DSLR, Kamera Handphon untuk alat praktek atau lainnya.

MINGGU (13 Januari 2013)

SESI KESEPULUH – Videografi (Hermawan Hariadi)

Perkembangan junalistik media visual cukup bagus. Jurnalisme juga harus paham bagaimana bikin video. Kemampuan jurnalistik dalam menyajikan video juga dituntut. Menyajikan karya jurnalistik tak selamanya dengan tulisan. Dengan video juga bisa. Video jurnalistik tak harus tayang di tv, dengan media sosial macam youtube juga bisa di share ke publik. (Metode belajar: ceramah, diskusi dan latihan)

Alat: Peserta wajib bawa Laptop, PC atau notebook.

SENIN (20 Januari 2013)

SESI KESEBELAS – Bikin Karikatur dan Ilustrasi (Furqon LW)

Karikatur adalah seni dalam media. Dengan karikatur dan ilustrasi media bisa menyampaikan kritikan, sindiran atau hal lainnya pada pembaca. Karikatur juga bisa menjadi opini. Belajar bikin karikatur sangat penting. (Metode belajar: Ceramah, diskusi, dan latihan)

Alat: Alat tulis.

MINGGU (27 Januari 2013)

SESI KEDUABELAS – Layout dan Desain Grafis (Eko Faizin)

Perwajahan media penting untuk menarik minat pembaca. Perawajahan juga punya aturan atau kode etik ini utamanya untuk media cetak.  Dengan perwajahan media punya identitas sendiri dan dapat dikenal. (Metode belajar: ceramah, diskusi dan latihan)

Alat: Peserta wajib bawa Laptop, PC atau notebook.

Donwload Silabus Sekolah Jurnalistik AKLaMASI institut

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s