Ummat Terbesar Menjadi Harapan


Judul : Masa Depan Islam Indonesia
Penulis : Jimly Assiddiqie dkk
Penerbit: Alaf Riau
Cetakan : Pertama, November 2010
Tebal : 132 Halaman

Perkembangan Islam di Indonesia hampir sama dengan pertumbuhan jumlah penduduknya. Dunia sudah mengakui bahwa ummat Islam terbesar di dunia berada di Indonesia, bukan di negeri Timur Tengah yang berbasis Islam.

Sebelum Islam masuk ke Indonesia kepercayaan masyarakat dimulai dari Animisme, Dinamisme, Hindu, Budha kemudian Islam. Berkembangnya Islam di Indonesia ditandai dengan kerjaan-kerajaan Islam terutama di pulau Sumatera, seperti kerajaan Samudra Pasai, kerajaan Darussalam di Aceh, dan kerajaan Siak di Riau.

Menurut seorang muallaf juga mantan pendeta, Indonesia merdeka serta perjuangannya dengan seruan suara Allahuakbar. Sebagai bukti, bisa dilihat pada piagam Jakarta.

Yusuf Qordowi, Ulama Mesir juga guru besar Universitas Al-Azhar Kairo mengatakan, kebangkitan Islam akan datang dari timur tepatnya di Indonesia. Ungkapan ini dirasa tidak salah. Dan hal ini menjadi sebuah kebanggan bagi ummat Islam Indonesia.

Namun, ketika dipandang dari sisi lain, keberadaan dan perkembangan ummat Islam Indonesia sangat memperihatinkan, baik dari segi ekonomi, pendidikan, maupun bermasyarakat. Sama halnya ditanah Melayu ini, yang mengagungkan bahwa Melayu adalah Islam, tapi dilihat dari kondisi perilaku masyarakat Melayu sudah banyak yang menyimpang dari sendi-sendi ajaran Islam, terutama aspek kebudayaan yang mulai ditinggalkan.

Disisi lain, ummat Islam Indonesia memiliki keunggulan ganda, kalau dia berbuat baik selama hidupnya dipermukaan bumi ini, maka didunia hidupnya akan sejahtera dan diakhirat akan masuk surga, selama dia benar-benar beriman dan bertaqwa kepada Allah dan bekerja sesuai petunjuk Allah dan Rasulnya. Demikian ditulis Prof Tengku Dahril dalam buku setebal 132 halaman ini.

Buku ”Masa Depan Islam Indonesia”, karya Jimly Assiddiqie dkk ini meninjau dan mengkaji bangsa Indonesia dari berbagai aspek, Politik, Hukum, Agama, Pertanian (Pangan) juga peradaban Islam Indonesia serta perkembangan Budaya dan Ideologi barat di negeri Berketuhanan Yang Maha Esa ini.

Buku yang ditulis tujuh Cedikiawan Muslim Indonesia ini, menyampaikan Indonesia berpeluang menjadi Negara maju seperti Amerika, China, dan India karena sudah mempunyai dasar-dasar yang kuat seperti sumber daya alam yang kaya, geografis, juga falsafah hidup bangsa ini. Namun dinilai, hal ini belum tercapai kerana keterbatasan sumber daya manusia. Terlepas dari itu buku yang merupakan kumpulan artikel ini sangat bagus dibaca untuk memahami tantangan ummat Islam Indonesia kedepan. Selamat membaca***.

Diterbitkan di Rubruk Buku Koran Harian Riau Pos edisi Ahad

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s