Meluruskan yang Serong


Judul : Serong! Sebab Jalan Hidup tak Selalu Lurus
Penulis : Krismansyah
Penerbit : Easymedia, Yogyakarta
Cetakan : Pertama, Maret 2010
Tebal : xvi+214 Halaman

Kamu merindukan seseorang yang bukan pasanganmu atau pacarmu, kamu sudah dikatakan berselingkuh, meski selingkuh tahap perasaan. Kamu berani berpegangan tangan, pergi bareng atau berciuman dengan yang bukan pacarmu, ini namanya selingkuh fisik. Jadi ada dua jenis selingkuh, perasaan dan fisik. Menurut Kamus Bahasa Indonesia, selingkuh berarti perbuatan tidak jujur, curang, dan serong.
Ungkapan ‘Lelaki buaya darat’ menggambarkan karakter lelaki yang suka selingkuh, tetapi tidak semua lelaki buaya darat, ada juga buaya rawa yang kadang-kadang iseng main kedarat melihat-lihat perkembangan manusia.
Ipang tokoh utama dalam novel ini, ia orangnya playboy, meski playboy (katanya sih!) dia tetap setia pada pacar pertamanya. Denok pacarnya dengan karakter monotonnya, tak ada seni dalam hubungan mereka, tak ada kemesraan, suap-suapan, colek-colekan. Ipang jadi jenuh dengan semua ini, ia stuck dan bosan menjalani semuanya dengan Denok.
Disaat ia hamir dibunuh kebosanan, tiba-tiba Angel – teman SMPnya dulu – hadir diahadapannya. Ipang ketemu Angel di bus. Angel kecopetan. Ipang berusaha mengejar copet itu, tapi Ipang malah digebukan sama copet. Ipang dibawa ke Puskesmas. Mereka ngobrol banyak di Puskesmas, dan akhirnya mereka berani pergi lebih jauh kepedalaman hati.
Ipang mulai tertutup sama Denok, pacarnya yang perhatian itu, sampai-sampai bau parfumnya Ipang juga diurusin sama dia. Denok juga sadar, ketika ia cerita panjang lebar sama Ipang, tapi Ipangnya malah cuek, tidak seperti sebelumnya, Ipang orangnya car . Denok merasa seperti baru kenal sama Ipang. Masalah ini berdampak pada intensitas berpacaran mereka. Ini Denok pahami setelah ia mimpi buruk. Denok jatuh dari atas gedung didorong Ipang.
Setelah Denok cerita mimpi buruk itu dengan Ipang, Ipang merasa salah. Ia serakah untuk memiliki dua cewek. Ia tak mau larut dalam perselingkuhan. Ipang bermimpi, Malam itu malam eliminasi bagi dua ceweknya. Salah satu harus dipecat dari PT Asmara Ipang. Denok cewek sederhana, lagi dewasa, Denok yang ngajarin Ipang waktu ada tugas kuliah, yang selalu menanya sudah makan atau belum. Angel cewek manis dan cantik sekaligus masa lalunya.
Novel bergenre cinta lagi humor ini dikemas dengan bahasa yang ringan. “Klo lo mau selingkuh ya selingkuh aja, ntar lo tau juga”. Krismansyah, penulis novel setebal 214 halaman ini berhasil mengocok perut pembacanya, ketawa-ketiwi sambil gosok gigi (eh, baca novel ini). Kisah dalam novel ini bukan mengajak kamu ikut serong alias selingkuh, tapi biar kamu tahu apa akibat selingkuh. Semoga.***
AH Nasution
Suka nulis, terutama jurnalis

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s